Cara cepat membuat Blog di Blogger

Posted by

cara membuat blog
Blogger adalah layanan online milik Google yang menerbitkan blog tunggal atau multi-user yang dapat digunakan sepenuhnya oleh pengguna internet untuk bisa membuat blog gratis. Nantinya nama blog anda akan mempunyai akhiran blospot yang terletak setelah nama sub domain anda seperti mustofaazka.blogspot.com.

Cara membuatnya yang mudah dan cepat menjadi pilihan yang lebih disukai banyak blogger pemula dan merupakan salah satu metode paling mudah untuk menciptakan dan menerbitkan sebuah blog gratis. Jika Anda belum bisa membuat blog di paltform blogger, maka artikel ini akan mengajarkan Anda bagaimana langkah-langkah atau cara membuat account dan membuat blog di Blogger.com dengan cepat dan mudah.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Tulis www.blogger.com menggunakan web browser pilihan Anda, maka akan muncul layar berikut :

2. Masuk menggunakan Akun Google Anda untuk memulai membuat blog, lihat layar :

3. Jika Anda tidak memiliki Akun Google, klik "Get Started" untuk membuatnya :

4. Masukkan "Nama Tampilan" yang akan digunakan untuk ditampilkan pada posting blog Anda dan klik "Lanjutkan".

5. Klik "Buat Blog " pada dashboard :


6. Pilih "title Blog/judul blog" dan URL yang tersedia untuk blog Anda. Anda dapat memeriksa apakah URL yang Anda inginkan masih tersedia, jika tidak tersedia coba tambahkan dengan kata yang lain, dan sebaiknya tidak menggunakan hal-hal seperti tanda hubung, di bawah skor, titik dua dll), karena hal ini akan menyulitkan pengunjung mengetik nama blog anda.


7. Pilih template, sebagai dasar desain / layout blog Anda.


8. Selamat, blog anda telah jadi, sekarang anda silahkan masuk dashboard blog, seperti gambar :


9. Anda dapat membuat posting baru pada blog, mengedit tulisan, dan mengedit halaman dari bawah "Posting" tab. Untuk membuat postingan baru klik saja New post, maka akan terbuka layar berikut :


10. Bentuk postingan Anda akan masuk ke dalam "Compose" editor teks, di mana Anda juga akan dapat mengakses fungsi editor teks dasar seperti ukuran font, warna teks, juga untuk memasukkan link.

11. Anda juga dapat menggunakan "Edit HTML" tab untuk memasukkan posting Anda dalam format HTML, jika Anda menginginkannya.



12. "Post Options" bagian yang terletak di bawah "Compose" editor teks berfungsi memungkinkan Anda untuk mengaktifkan komentar pembaca, pengaturan HTML, dan posting waktu dan tanggal.



13. Sekarang Anda dapat memilih "Simpan Sekarang" untuk menyimpan postingan Anda, "Preview" untuk melihat postingan Anda sebelum diterbitkan ke blog Anda, atau "Publish Post" untuk mempublikasikan postingan Anda langsung ke blog yang baru dibuat.




14. Jika Anda ingin mengubah desain blog Anda dari template awal yang Anda pilih ketika pertama kali membuat blog Anda, Anda dapat melakukannya di bawah "Design" tab.


15. Dari dalam "Customize/sesuaikan" Anda akan dapat mengedit Elemen Halaman, HTML, dan mengubah template Anda.


16. Jika Anda ingin menyesuaikan pengaturan lain seperti siapa yang boleh melihat, berkontribusi, atau berkomentar di blog Anda dll, klik "Settings" .Anda juga dapat mengatur penerbitan, komentar, pengarsipan, perizinan, dan semua pengaturan lainnya dari dalam sub-tab yang terletak di bawah tulisan "Settings"
.

17. Anda dapat menambahkan penulis baru yang mampu memberikan kontribusi dan mengedit blog Anda dengan mengklik "Pengaturan" tab> "Permissions" sub-tab, dan memilih "Tambah Penulis".




Itulah 17 langkah membuat blog di blogger dengan cepat dan mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Mustofa Azka Updated at: 10:08

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih... telah berkunjung di Blog saya. Apabila anda merasa artikel di blog ini bermanfaat silahkan berbagi dengan yang lain, dan tinggalkanlah komentar yang bisa membangun keberhasilan kita semua. Salam sukses buat kita semua...!!!

Translate

Kotak pencarian

Powered by Blogger.
Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection