12 Langkah sukses untuk Blogging

Posted by

tips sukses blogging

Blog bisa menjadi alat yang sangat berharga dan sangat menguntungkan jika digunakan dengan benar. Keuntungan dari blog adalah hanya soal meraih perhatian penonton dan tidak harus melakukan penawaran yang sifatnya ingin menjual sesuatu. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari 13 langkah yang paling penting untuk sukses blogging :

1) Di mana harus memulai ?
Buatlah blog ! Anda bisa mulai membuat blog Anda dengan layanan hosting blog gratis seperti blogger, blog gratis sangat bermanfaat untuk blog baru. Dimulai dengan layanan hosting blog gratis memungkinkan Anda untuk mulai blogging langsung tanpa harus memiliki pengetahuan seperti script, hosting, atau pemrograman.

Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun perhatian pengunjung untuk blog Anda. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk fokus pada konten blog Anda. Manfaat terbaik memulai dengan layanan hosting gratis adalah Anda tidak akan kehilangan uang untuk membeli hosting tersebut.

Hal yang besar yang harus anda ketahui tentang blog adalah mereka terorganisir secara kronologis, mempunyai entri terbaru yang ditampilkan pertama kali.

Ketika traffic blog Anda tumbuh sangat cepat dan Anda siap untuk meng-upgrade ke domain sendiri maka Anda cukup menambahkan entri terakhir yang menyatakan bahwa blog Anda telah pindah ke alamat URL blog baru. Yang mengarahkan pengunjung ke situs blog baru Anda.


2) Tentukan Niche anda.
Niche  bisa berupa target produk, layanan, atau topik. Pertama Anda harus memutuskan tentang produk, layanan, atau topik yang Anda minati. Pilihlah niche yang Anda antusias untuk menulisnya setiap hari. Anda dapat menggunakan layanan penelitian kata kunci seperti Google keyword.

Tidak masalah jika topik Anda tidak begitu populer, tapi selama ada peminat untuk topik Anda dan fokus maka blog Anda akan sukses. Apa pun bisa dianggap ceruk asalkan memiliki target audiens, tidak peduli seberapa besar atau seberapa kecil peminatnya.

3) Update artikel setiap hari ( minimal 1X sehari )
Langkah ini adalah suatu keharusan jika ingin blog anda sukses. Memperbarui blog Anda sehari-hari tidak hanya membuat blog Anda lebih menarik untuk pembaca, tetapi juga memberikan konten segar blog Anda pada hari ke hari sehingga lebih menarik untuk mesin pencari.

Untuk menjaga traffik blog Anda dan mempertahankan pengunjung Anda adalah suatu keharusan untuk memperbarui blog Anda setiap hari dengan beberapa entri.

Apapun bentuknya, blog anda harus diupdate minimal seminggu sekali dengan beberapa entri. Sampai Anda memiliki khalayak yang stabil. Anda harus terus mencoba untuk memperbarui blog Anda setiap hari dengan minimal 3 entri atau lebih.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah untuk menyisihkan 1-2 jam sehari untuk merawat blog Anda dan menambahkan entri baru. Jika Anda tidak memperbarui blog Anda selama beberapa hari atau minggu, Anda akan kehilangan pengunjung.


4) Dapatkan Lalu Lintas atau traffik
Bukan rahasia. Anda harus memiliki lalu lintas untuk mendapatkan keuntungan dari blog. Ada banyak cara untuk membangun lalu lintas. Bisa melalui Iklan berbayar, iklan gratis, viral marketing, RSS / XML feed, dan dan bisa dari mulut ke mulut.

Anda harus selalu menggunakan alamat URL blog Anda di signature email Anda, forum diskusi, atau media komunikasi lainnya. Anda harus mengirimkan alamat URL blog Anda ke mesin pencari dan direktori blog mencari.

Anda harus mengirimkan RSS Anda / XML, URL blog layanan ping seperti  Ping O-Matic. Anda harus berbagi blog Anda dengan keluarga, teman, rekan kerja, rekan, dan profesional bisnis ketika berhubungan.

Banyak blog dapat dianggap sebagai kumpulan artikel, untuk tujuan ini Anda bisa mengirimkan entri blog Anda ke blog orang lain. Setelah anda selesai membuat artikel, dapat di ambil dan diterbitkan oleh orang lain.

Caranya adalah dengan memastikan mereka menyertakan alamat URL Blog Anda di  bagian "Tentang Penulis". Apa yang anda lakukan ini adalah tehnik membuat link popularitas dan backlink untuk blog Anda.

Ketika seseorang mengambil artikel Anda kemudian mempublikasikan artikel di situs web mereka dan menyertakan link anda di bagian "Tentang Penulis " maka akan diindeks oleh mesin pencari.

Bayangkan jika artikel Anda cukup populer atau cukup untuk menghasilkan 10.000 publikasi di seluruh web orang lain, maka Mesin pencari akan berusaha untuk menemukan blog Anda dalam waktu singkat dengan banyaknya publikasi pada topik anda. Imbalannya akan meningkatkan peringkat Anda di search engine.

5) Lacak Blog Anda
Bagaimana Anda tahu jika blog Anda memiliki traffik ? Hanya karena tidak ada orang yang meninggalkan komentar tidak berarti blog Anda tidak hidup. Banyak pengunjung tidak meninggalkan komentar tetapi mereka kembali berkunjung.

Banyak pengunjung tidak berkomentar pada kunjungan ke 1, 2, atau ke 3 mereka, tapi bisa jadi berkomentar pada kunjungan berikutnya lagi. Beberapa diantaranya bahkan tidak berkomentar sama sekali, tetapi pengunjung tersebut setiap hari aktif mengunjungi blog anda.

Anda bisa menggunakan layanan google analytis yang memberikan Anda analisis lalu lintas canggih, seperti kata kunci pelacakan informasi, informasi rujukan, dan informasi mesin pencari. Jumlah Pengunjung, pengunjung yang kembali, dan pengunjung unik pada halaman blog Anda.


6) Lihat Audiens Anda
Bila menggunakan halaman yang tepat, Anda akan mulai melihat bagaimana orang lain menemukan blog Anda.

Jika anda menggunakan alat webmaster maka anda bisa melihat kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menemukan blog Anda. Jika terus-menerus blog Anda ditemukan oleh satu atau beberapa kata kunci, kemudian fokus pada blog Anda dengan kata kunci tersebut maka bisa membuat blog anda lebih kuat di search engine.

Tips : Saat menulis judul entri gunakan kata kunci sesering mungkin sambil menjaga blog anda terbaca baik dan menarik.

7) Buat beberapa blog
Gunakan beberapa account blogging (gratis) untuk menarik lebih banyak orang. Memiliki account blog yang berbeda adalah seperti memiliki sebuah publikasi di surat kabar yang berbeda.
Hal ini memungkinkan Anda untuk menarik lebih banyak pengunjung dan ini juga meningkatkan kemungkinan bahwa 1 dari blog Anda akan berada di hasil mesin pencari untuk kata kunci Anda yang terfokus.

8) Pendek dan konsisten
Selain menerbitkan artikel panjang seminggu sekali buatlah publikasi entri blog Anda yang pendek dan singkat.

9) Digital Art
Cobalah untuk memasukkan gambar, foto, dan video di entri blog Anda. Tidak usah terlalu banyak. Sekali seminggu sudah cukup baik-baik. Graphics bisa membawa blog Anda terlihat hidup. Tentu saja, isi dari blog adalah aspek yang paling penting, tapi menampilkan grafis dapat menambahkan sedikit bumbu seni yang bernilai ke blog.

Tips : Pilih bentuk grafis Anda dan pastikan cocok dengan topik entri Anda. Tambahkan Alt teks pada grafis, setidaknya berupa keterangan.

10) Jadilah diri sendiri
Sebuah blog yang paling sukses akan mencerminkan ciri khas tersendiri. Cobalah untuk memasukkan pengalaman pribadi yang berkaitan dengan topik blog Anda. Menulislah dengan gaya anda sendiri dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

11) Berinteraksi Dengan Pengunjung Anda
Anda bisa memiliki lalu lintas yang tinggi dengan berinteraksi bersama pengunjung Anda. Buat tema rutin yang membujuk pembaca Anda untuk melihatnya setiap minggu.

12) Make money
Setelah blog Anda telah mendapatkan beberapa momentum yang nyata dan lalu lintas blog Anda meningkat, maka saatnya untuk mulai berpikir tentang mengubah lalu lintas blog Anda menjadi keuntungan dengan mendapatkan uang secara gratis.

Anda bisa menggunakan iklan kontekstual, seperti Google Adsense atau Chitika. Iklan kontekstual biasanya link teks yang menggunakan isi blog Anda untuk mempublikasikan iklan tertarget di blog Anda. Pembayarannya biasanya didasarkan pada model pay-per-klik, berarti selama ada yang mengeklik iklan maka anda akan menerima bayaran.

Selain iklan kontekstual itu bisa juga menggunakan iklan grafis seperti: BlogAds.com, Amazon.com, MammaMedia, atau Sponsor Iklan lainnya.

Itulah beberapa teknik blogging yang bisa membuat pengalaman blogging Anda jauh lebih bermanfaat. Untuk menjadikan blog Anda lebih populer, setidaknya anda harus memulai sekarang selangkah demi selangkah.

Ingat...!!! Mendapatkan uang secara online tidak bisa didapatkan dalam waktu satu malam, tapi mendapatkan uang secara online pasti akan bisa anda dapatkan mendatang jika anda fokus dan bersungguh-sungguh. Karena semua itu membutuhkan waktu, dedikasi, dan ketekunan Anda untuk melakukan langkah-langkah sukses dalam blogging. Selamat berkarya dan salam sukses untuk kita semua...


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Mustofa Azka Updated at: 12:12

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih... telah berkunjung di Blog saya. Apabila anda merasa artikel di blog ini bermanfaat silahkan berbagi dengan yang lain, dan tinggalkanlah komentar yang bisa membangun keberhasilan kita semua. Salam sukses buat kita semua...!!!

Translate

Kotak pencarian

Powered by Blogger.
Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection