Link Internal SEO 2015 - Apa, Mengapa dan Bagaimana ?

Posted by


Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu praktek penting SEO yang sering salah dilakukan oleh kebanyakan blogger yaitu tentang link internal. Ya, link internal adalah hal yang sering diabaikan pada halaman SEO dan saya akan menjelaskan semua tentang cara membangun link internal yang benar untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi pada SERP .

Apa yang dimaksud link internal ?

Internal linking adalah salah satu teknik Search Engine Optimization untuk menghubungkan satu posting ke posting yang lain dalam blog yang sama dengan tehnik sedemikian rupa, yang berfungsi meningkatkan kegunaan blog atau website untuk pembaca dan memberikan mereka konten yang lebih relevan dalam sebuah blog.

Dengan kata sederhana,
Membangun link internal adalah proses yang menghubungkan satu halaman / posting dari sebuah situs menuju halaman / posting lain dalam situs tersebut yang mengandung informasi yang relevan.

Mengapa kita harus melakukan link internal yang efektif ?

Link building yang efektif akan membawa banyak manfaat yang pada akhirnya akan membantu Anda dalam mendapatkan peringkat blog yang tinggi di search engine. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari internal linking.

1) Navigasi yang tepat:

Link internal pada posting dan halaman membantu Anda untuk mengakses halaman lain dari website melalui link tersebut. Ini akan membantu pengunjung dalam menavigasi melalui posting blog Anda.

2) Memberikan data yang relevan kepada pembaca dan mesin pencari :

Dengan link internal, Anda memberitahu pengunjung bahwa ada pos / informasi pada situs yang berkaitan dengan teks yang mereka baca atau memiliki beberapa informasi tambahan lainnya. Ini juga berfungsi menceritakan kepada search engine tentang adanya hal yang sama dan meningkatkan kredibilitas situs Anda.

3) Membantu mengurangi tingkat bouncing :

Ya, ketika seorang pembaca membaca sebuah artikel di blog Anda,dan menemukan link yang berhubungan dengan pos yang sama atau posting yang mempunyai informasi lebih lanjut, Anda dapat menjadikan dia untuk tinggal lebih lama di situs Anda. Hal ini pada gilirannya akan menurunkan tingkat bouncing situs Anda .

4) Mengalirkan link ke halaman lain:

Ketika salah satu halaman situs Anda memiliki peringkat halaman yang lebih tinggi, Anda dapat menempatkan link di halaman yang berperingkat tinggi tersebut menuju posting yang relevan di blog Anda yang memiliki peringkat rendah. Ini akan mengalirkan link ke halaman yang saling terkait sehingga menjadikannya lebih baik.

Bagaimana cara membangun link internal ?

Membangun link internal adalah salah satu bentuk seni SEO. Cara ini seperti membangun backlink ke blog Anda pada blog Anda sendiri. Untuk membuat link internal yang efektif Anda harus melihat hal-hal berikut.

1) Memiliki banyak konten:

Untuk membuat link dan indeks, Anda membutuhkan lebih banyak konten. Anda tidak bisa hanya dengan tujuh postingan dan mulai membangun link. Dengan cara ini Anda hanya akan berakhir dengan link internal yang sangat sedikit. Yang lebih buruk adalah Anda tidak akan memiliki link yang relevan kecuali semua tujuh posting dari Anda pada topik yang berbeda.

Jadi, untuk itu Anda perlu menulis konten yang banyak. Menulis sejumlah besar artikel tentang topik niche Anda dan kemudian membuat internal link mereka ke posting terkait lainnya yang telah Anda tulis.

2) Link halaman ke posting blog dan sebaliknya:

Halaman blog dan posting blog serupa dalam penampilan tetapi adalah dua hal yang berbeda. Misalnya halaman "tentang Anda/about" dan posting blog Anda. Ya, Anda harus membuat link halaman Anda yang juga menuju pada posting Anda.

3) Hubungkan halaman otoritas yang lebih tinggi dari situs Anda ke halaman yang kurang populer.

Untuk benar-benar memanfaatkan nilai link internal, Anda harus menghubungkan link dari halaman dengan otoritas yang lebih tinggi ke halaman yang memiliki otoritas rendah.

4) Gunakan anchor teks yang tepat:

Menggunakan anchor teks yang tepat dapat membuat link internal Anda muncul baik di mata Google. Anchor teks juga akan membantu pembaca untuk mengetahui link yang terbuka ketika mereka mengikutinya. Jika Anda belum paham tentang Anchor teks, maka saya jelaskan bahwa anchor teks adalah teks yang digunakan untuk menempatkan hyperlink pada posting Anda.

Tips : Jangan main-main dengan Google dengan memiliki anchor teks yang super dioptimalkan. Google menganggap teks yang sama persis sebagai spam. Anda tidak dapat menghubungkan sebuah posting berjudul " bagaimana membuat blog "dengan anchor text " bagaimana membuat blog ". Ini akan menjauhkan Google dari blog Anda.

Anda dapat menghubungkannya dengan teks yang sederhana. Lakukan saja sebagai hal yang wajar.

5) Link menuju halaman blog orang lain :

Halaman blog orang lain di sini maksudnya ke halaman / posting blog yang memiliki relevansi dengan blog Anda. Anda tentunya tidak mungkin membuat link ke situs " tentang mobil " dari situs "tentang hewan " kan? Hal ini berlaku untuk link internal Anda juga.

Jika Anda menjalankan sebuah situs multi-niche atau situs yang memiliki niche tunggal tetapi beragam kemungkinan posting Anda mempunyai topik bervariasi. Anda seharusnya tidak membuat link posting Anda kepada ke posting blog orang lain yang tidak relevan.

6) Dofollow link internal Anda:

Ketika Anda membuat link ke beberapa posting blog Anda, dalam domain yang sama, dan Anda ingin mesin pencari benar-benar merayapi mereka. maka link internal harus diizinkan untuk lewat dengan bebas.

Pada tahun 2005, ketika tidak ada atribut " rel = nofollow "dibawa ke SEO, hal itu tidak terlalu serius, namun saat ini digunakan dan dianjurkan untuk menggunakan link nofollow yang menghubungkan link ke situs eksternal yang memiliki peringkat kurang dari blog Anda. Selalu menghubungkan link ke situs Anda sendiri merupakan praktik yang terbaik.

7) Jangan menambahkan terlalu banyak link internal :

Mengingat Anda telah membaca manfaat di atas dari internal linking, dari blog saya ini atau mendengar tentang hal itu dari situs lain, saya takut Anda akan menambahkan link internal terlalu banyak.

Jika demikian, saya katakan tunggu dulu, Anda tidak harus membuat terlalu banyak link internal pada halaman Anda. Karena tidak seorang pun, yang tahu berapa banyak jumlah link internal yang tepat dalam satu halaman. Sebaiknya Anda membuat link internal secukupnya saja dulu.

Internal linking memiliki makna tersendiri. Seperti saya katakan, berlebihan melakukannya dapat merusak strategi SEO Anda. Dengan menghubungkan internal yang tepat dengan ukuran internal link sesuai eksternal link, pasti Anda bisa mendapatkan bagian yang baik dari Google. Semoga bermanfaat untuk Anda.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Mustofa Azka Updated at: 23:21

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih... telah berkunjung di Blog saya. Apabila anda merasa artikel di blog ini bermanfaat silahkan berbagi dengan yang lain, dan tinggalkanlah komentar yang bisa membangun keberhasilan kita semua. Salam sukses buat kita semua...!!!

Translate

Kotak pencarian

Powered by Blogger.
Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection