9 tool gratis dan keren untuk melihat Backlink pesaing anda

Posted by


Oke kawan... pada postingan kali ini kita akan belajar mengungkap bagaimana cara memeriksa backlink pesaing Anda dengan menggunakan 9 tool gratis dan keren. Karena dengan memata-matai backlink pesaing Anda,akan dapat memberikan gambaran tentang domain apa yang terhubung ke pos mereka dan dengan demikian Anda dapat menggunakan sumber backlink mereka juga.

Mengapa harus menggunakan Analisis Backlink?

Fungsinya untuk mengetahui situs yang terhubung ke situs Anda atau situs pesaing Anda atau untuk menangkap domain teman pesaing Anda. Juga untuk membandingkan profil backlink Anda dengan pesaing anda yang kuat sehingga situs blog Anda dapat lebih kuat dari mereka (ini sangat membantu untuk memberitahu Google bahwa Anda adalah pesaing dari situs yang sudah mapan).

Berikut ini saya suguhkan daftar alat backlink gratis untuk mengecek backlink kompetitor anda :

1. SEMRush:

SEMRush adalah salah satu alat SEO yang paling populer di luar sana dan sekarang telah menambahkan fitur analisis backlink yang lengkap. Sangat baik untuk menganalisis kata kunci atau keyword. Data bisa didapat dalam format grafis. Sekarang mereka telah menambahkan fitur check backlink, dan yang harus Anda lakukan adalah:


  • Kunjungi ke homepage SEMRush.
  • Ketik nama domain yang ingin dianalisis dan tekan enter.
  • Jika Anda ingin membandingkan nama-nama domain, cari tab di sudut kiri dan Anda bisa mendapatkan daftar rinci domain, mengacu IP, link dari .gov dan .edu situs serta situs yang lainnya.
  • Anda dapat mengekspor dalam bentuk PDF dengan mengklik tombol PDF di sisi kanan atas.

Menurut pendapat saya, meskipun ini versi gratis, tapi dapat bekerja cukup baik untuk menganalisis SEO  pesaing Anda.

2. Ahrefs

Ahrefs adalah alat terbaik dalam mendapatkan analisis backlink dari situs pesaing anda. Alat ini telah menjadi pemenang tes yang dilakukan oleh Matius pada satu juta domain untuk backlink.

Untuk analisis gratis cukup menuju ke situsnya dan ketik URL dari situs yang jumlah backlinknya ingin anda analisis. Kemudian Anda mendapatkan analisis lengkap, serta profil backlink dari situs yang diuji seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Mereka juga menyediakan analisis penuh pada jumlah backlink dofollow, backlink nofollow, link teks dan gambar backlink secara terpisah dari mesin pencarian.


Ini memberikan representasi diagrammatical secara jelas dari jumlah domain termasuk Google +1, tweet dan Facebook.

Dengan akun gratis anda akan diberi sepuluh hasil berdasarkan setiap pencarian sedangkan versi berbayar memiliki hasil tidak terbatas.

Anda dapat mengekspor hasil pencarian backlink tersebut sehingga dihasilkan menjadi file .csv dalam versi berbayar.

BACA : 5 Tehnik baru optimasi SEO ON-Page

3. Majestic SEO

Seperti namanya yang megah dan merupakan salah satu alat SEO yang paling sering digunakan oleh para profesional. Ini adalah pesaing terkuat alat ahref. Mereka memiliki daftar sendiri di mana mereka memberikan daftar peringkat situs di atas satu juta berdasarkan peringkat mereka pada sebuah link dan kriteria lainnya. Mereka memiliki database link terbesar dan juga mengevaluasi jenisnya berdasarkan kualitas link yang berasal dari berbagai sumber.

Keuntungan dasar menggunakan MajesticSEO adalah bahwa Anda bebas untuk men-download profil link pesaing Anda sehingga Anda dapat memiliki pandangan yang jelas tentang strategi bagaimana sebuah website bisa mendapatkan backlink mereka.

Pada tab summary, Anda mendapatkan daftar link lengkap yang mengacu pada domain atau URL dan juga memberi kita secara detail tentang berapa backlink yang diindeks dari berapa banyak domain.

Pada tab backlink, Anda mendapatkan daftar lengkap backlink yang tersedia untuk sebuah situs.

4. Open Site explorer

Open Site Explorer adalah alat yang hebat dari moz.com, Mereka membantu Anda untuk melihat siapa yang terhubung ke situs pesaing Anda. Menyaring laporan melalui otoritas domain, dan juga anchor teks yang digunakan situs pesaing.


Alat ini juga membandingkan antara banyak situs, yang dapat membantu dalam memahami strategi keyword dari pesaing Anda, dan bisa anda gunakan untuk membangun backlink berkualitas tinggi.

5. SEO Spyglass

SEO Spyglass adalah alat baru yang benar-benar bisa mengevaluasi sendiri untuk memberikan hasil yang bagus. Dalam update terbaru, alat ini telah meningkatkan database link yang telah diindeks sekitar 15.000.000.000.000. Ini lebih fantastis dari data milik ahrefs dan SEO majestic.

Alat ini bukan berbasis web tetapi perangkat lunak desktop yang berjalan dari PC Anda dan bisa memeriksa semua link hidup pada setiap waktu.


Anda bisa mendapatkan link baru dan tidak akan ada kesalahan yang menampilkan link mati atau link yang tidak diperbarui (seperti dalam kasus ahrefs dan seo majestic). Jumlah backlink yang bisa dilihat untuk URL tunggal bisa mencapai ratusan, tetapi anda tidak dapat mengekspornya, sedangkan versi berbayar (biaya sekali) memberikan Anda hak untuk menggunakan sejumlah analisis backlink serta fasilitas ekspornya.

6. Backlink Watch

Backlink Watch adalah alat paling mudah untuk menganalisis portofolio backlink dari situs web apapun termasuk punya Anda. Kabar baiknya adalah bahwa ia menggunakan API ahrefs 'sehingga Anda mendapatkan hasil yang cukup terpercaya.


Tidak ada pilihan untuk mengekspor hasil Anda, tetapi anda bisa memanfaatkan hasilnya dari alat ini secara gratis. Cukup dengan menyalin semua laporan dari situs → spreadsheet terbuka → klik kanan → pasta → teks → ok. Menakjubkan, Bukan ?

7. Google Alerts

Google Alert adalah alat yang berfungsi untuk melakukan pemantauan secara online. Alat ini dapat digunakan untuk mendapatkan peringatan gratis ketika kata yang dipilih atau yang disebutkan ada pada sebuah web. Hal ini dapat berupa nama merek Anda, produk atau nama pesaing Anda.


Anda dapat menggunakannya alat ini untuk memantau kompetitor anda ketika pesaing Anda tersebut mempunyai link di sebuah web tertentu.

8. link diagnosis

Link diagnosis adalah alat yang hebat yang dapat membantu Anda mendapatkan berbagai macam hasil nofollow, dofollow, link yang hilang, link yang baik, halaman link eksternal dan internal dan lain-lain.



9. Openlinkprofiler

Alat ini telah menjadi alat SEO favorit bagi banyak orang. Open Link profiler memiliki database besar tentang backlink yang menuju sebuah situs dan dapat menghitung sampai 2,00,000 backlink ke sebuah domain.

Versi gratis dari alat ini akan membantu Anda men-download sampai 100 link dalam format csv. Fitur ini tidak disediakan oleh alat SEO yang lain seperti SEO megah, Ahrefs atau situs terbuka explorer.

Mereka memiliki pengaruh besar untuk skor link yang dimilki semua situs, sehingga Anda bisa mendapatkan ide dari sebuah halaman dengan basis terbaik atas dasar backlink itu.

Nah itulah tadi kawan, 9 tool gratis dan keren untuk melihat backlink pesaing anda. Sekarang Anda bisa mendapat analisis backlink dengan menggunakan salah satu alat yang telah saya berikan diatas. Cukup anda simpan backlink tersebut ke notepad dan simpan sebagai file teks.

Memang ada jutaan cara untuk mengoptimalkan sebuah situs pada search engine dan mungkin para analis SEO telah mempunyai cara atau metode tersendiri.

Sekarang pertanyaan nya...Apa strategi analisis backlink yang telah anda gunakan ? kami akan senang belajar dari pengalaman Anda, berikan komentar anda di bawah ini.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Mustofa Azka Updated at: 00:19

6 comments:

  1. Artikel good... layak untuk dicoba untuk mengetahui backlink lawan, izin nyobain and share gan...

    ReplyDelete
  2. terima kasih untuk artikel yang bermanfaat ini gan, ijin mencobanya..
    baca selengkapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba,mudah-mudah tool ini bermanfaat

      Delete
  3. makasih mas, ini yang gue cari-cari dari kemarin biar aman backlinknya

    ReplyDelete
  4. susah kalau gax pakai y full version gan, setengah-setengah kasih info tentang backlink nya.

    ReplyDelete

Terimakasih... telah berkunjung di Blog saya. Apabila anda merasa artikel di blog ini bermanfaat silahkan berbagi dengan yang lain, dan tinggalkanlah komentar yang bisa membangun keberhasilan kita semua. Salam sukses buat kita semua...!!!

Translate

Kotak pencarian

Powered by Blogger.
Protected by Copyscape Duplicate Content Penalty Protection